Motivasi Kehadiran Pendukung Wanita di Stadion Sepakbola Indonesia

  • Yoseph Benny Kusuma Business Creation Department, Institut Teknologi Kreatif Bina Nusantara, Malang

Abstract

Fanatisme supporter sepakbola dapat ditunjukkan dengan cara yang beragam, Seperti menggunakan atribut-atribut yang menunjukkan identitas tim. Bentuk lain dari kecintaan para suporter adalah didirikannya suatu fans club yang terdiri dari para pendukung tim tersebut. Penelitian ini ingin mengamati bentuk perilaku para wanita yang mendukung klub sepakbola di Indonesia menunjukkan fanatisme mereka pada klub sepakbola yang mereka dukung. Selain itu akan digali informasi lebih dalam lagi mengenai motivasi yang mendorong mereka untuk menunjukkan perilaku fanatisnya dalam mendukung sebuah klub Sepakbola. Penelitian ini menggunakan metode eksploratif, yang dilakukan karena studi ini harus melalui pengamatan pada suporter klub sepak bola berjenis kelamin wanita. Alasan seorang wanita mendukung klub sepak bola terbentuk oleh adanya dorongan motif afiliasi, faktor sosial budaya dan ikatan emosional.

Published
2017-04-30
How to Cite
KUSUMA, Yoseph Benny. Motivasi Kehadiran Pendukung Wanita di Stadion Sepakbola Indonesia. J-MKLI (Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 18-33, apr. 2017. ISSN 2550-0856. Available at: <https://journal.apmai.org/v2/index.php/jmkli/article/view/2>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.26805/jmkli.v1i1.2.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.