Pengaruh Mediasi Sikap Generasi Y Terhadap Niat Beli Rumah Ramah Lingkungan

  • Maranatha Wijayaningtyas Institut Teknologi Nasional Malang

Abstract

Konsumen merupakan elemen fundamental yang menunjang pertumbuhan pasar rumah ramah lingkungan. Pembeli rumah golongan generasi Y memiliki faktor internal dan eksternal sebagai dasar dalam memutuskan untuk membeli rumah ramah lingkungan. Temuan empiris dari penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pengetahuan lingkungan dan sikap mempengaruhi niat perilaku konsumen dalam melakukan pembelian produk ramah lingkungan. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengetahuan lingkungan generasi Y mempengaruhi niat pembelian mereka yang dimediasi dengan sikap terhadap rumah ramah lingkungan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain survei dengan menyebarkan kuesioner, responden untuk penelitian ini adalah 200 calon pembeli rumah generasi Y yang berdomisil di Surabaya dan Jakarta. Studi ini menemukan bahwa pengetahuan lingkungan secara positif mempengaruhi niat beli rumah ramah lingkungan serta sikap terhadap rumah tersebut. Selanjutnya, hasil analisa menunjukkan bahwa sikap merupakan faktor mediasi parsial pengetahuan lingkungan. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa sikap terhadap rumah ramah lingkungan sedikit mempengaruhi hubungan antara pengetahuan lingkungan dan niat membeli rumah ramah lingkungan.

Published
2017-10-31
How to Cite
WIJAYANINGTYAS, Maranatha. Pengaruh Mediasi Sikap Generasi Y Terhadap Niat Beli Rumah Ramah Lingkungan. J-MKLI (Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 71-83, oct. 2017. ISSN 2550-0856. Available at: <https://journal.apmai.org/v2/index.php/jmkli/article/view/7>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.26805/jmkli.v1i2.7.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.