Pemanfaatan Aset, Struktur Modal dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI)

  • Eka Kurniasari Magister Manajemen, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Wawan Ichwanudin Magister Manajemen, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

Abstract

Tujuan didirikannya sebuah perusahaan adalah untuk meningkatkan kekayaan pemegang saham yang ditunjukkan melalui peningkatan nilai perusahaan.. Nilai perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain pemanfaatan aset, struktur modal dan kinerja keuangan. tujuan penelitian untuk mengetahui signifikansi pengaruh pemanfaatan aset, struktur modal dan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2021. Data sekunder yang digunakan diperoleh dari www.idx.co.id. metode pengambilan sample menggunakan pendekatan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dan didapatkan sample sebanyak 134 perusahaan. metode analisis yang digunakan adalah SEM (Struktural Equation Model) - PLS (Partial Least Square) menggunakan smart PLS 3.2.9. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa pemanfaatan aset dan struktur modal tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap nilai perusahaan, namun kinerja keuangan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan mampu memediasi hubungan antara pemanfaatan aset dan struktur modal terhadap nilai perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021

Published
2023-04-30
How to Cite
KURNIASARI, Eka; ICHWANUDIN, Wawan. Pemanfaatan Aset, Struktur Modal dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI). J-MKLI (Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 28-44, apr. 2023. ISSN 2550-0856. Available at: <https://journal.apmai.org/v2/index.php/jmkli/article/view/180>. Date accessed: 22 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.26805/jmkli.v7i1.180.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.