Pengaruh Likuiditas, Struktur Modal, dan Aktivitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada IDX Sub Sektor Otomotif dan Komponen Periode 2015-2019)

  • Aditya Iriawan Handoko Untirta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun konsep baru untuk mengisi kesenjangan hasil penelitian antara likuiditas, struktur modal, dan aktivitas terhadap nilai perusahaan yang diintervensi oleh profitabilitas perusahaan. Populasi yang diambil adalah perusahaan-perusahaan yang masuk dalam Sub Sektor Otomotif dan Komponen di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015 hingga 2019 yang berisi 13 perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, aktivitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, likuiditas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, struktur modal berpengaruh negatif terhadap profitabilitas, dan aktivitas berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Kemudian didapatkan pula hasil bahwa tidak ada pengaruh mediasi profitabilitas terhadap hubungan likuiditas, struktur modal, aktivitas terhadap nilai perusahaan.

Published
2023-04-30
How to Cite
HANDOKO, Aditya Iriawan. Pengaruh Likuiditas, Struktur Modal, dan Aktivitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada IDX Sub Sektor Otomotif dan Komponen Periode 2015-2019). J-MKLI (Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 45-62, apr. 2023. ISSN 2550-0856. Available at: <https://journal.apmai.org/v2/index.php/jmkli/article/view/181>. Date accessed: 23 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.26805/jmkli.v7i1.181.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.