Analisis Struktur Biaya Produksi Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Usaha Garam di Kabupaten Sampang

  • ulul karomah Manajemen, Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur, Indonesia
  • Prasetyo Nugroho Manajemen, Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Dalam penelitian ini,teknik analisis data yang digunakan  adalah analisis deskriptif,yaitu dengan  cara  menganalisis data,dalam  langkah  ini  penulis membandingkan teori dengan kenyataan dalam struktur biaya produksi untuk meningkatkan pendapatan usahatani garam. Peneliti mendeskripsikan mengenai data biaya yang dikeluarkan selama proses produksi. Data dan informasi diperoleh dari petani garam di kabupaten Sampang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Struktur biaya produksi petani garam di kabupaten Pamekasan terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel 2) Pendapatan Petani garam sebesar Rp129.638.475. Maka dari itu,upaya meningkatkan pendapatan yang dilakukan oleh petani garam di kabupaten Sampang adalah meminimalisir biaya operasional dan menerapkan teknologi geomembran.


Kata Kunci : Struktur Biaya Produksi,Pendapatan,Garam.
Published
2023-10-30
How to Cite
KAROMAH, ulul; NUGROHO, Prasetyo. Analisis Struktur Biaya Produksi Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Usaha Garam di Kabupaten Sampang. J-MKLI (Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 98-108, oct. 2023. ISSN 2550-0856. Available at: <https://journal.apmai.org/v2/index.php/jmkli/article/view/218>. Date accessed: 03 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.26805/jmkli.v7i2.218.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.