Produktivitas Operasional PT. Telen Prima Sawit Plasma Kutim 2 menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX)

  • Zainal Abidin Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Jumiarti Ningsih Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia

Abstract


  1. Telen Prima Sawit Plasma Kutim 2 adalah perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit. Berdasarkan data pada tahun 2021 perusahaan belum memberikan pengawasan yang optimal untuk mencapai target produksi yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah produktivitas perusahaan sudah sesuai dengan indeks performansi metode objective matrix (omax) dan apakah performansi perusahaan di atas indeks 0%. Jenis data yang peneliti gunakan ialah penelitian data kualitatif deskriptif dimana peneliti mengamati apa yang terjadi dilapangan secara langsung. Perhitungan produktivitas dilakukan dengan menggunakan metode Objective Matrix (OMAX). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dilapangan secara langsung, wawancara yang mendalam, dan pengambilan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan, nilai rasio terendah jatuh pada rasio 1 yaitu total produksi yang dihasilkan melalui jam kerja karyawan. Dalam meningkatkan manajemen operasional produktivitas yang baik dengan menggunakan metode Objective Matrix (OMAX), maka diperlukan perhatian antara lain seperti pengawasan karyawan saat berkerja, mengoptimalkan jam kerja yang sudah di tetapkan agar terciptanya produksi produk yang maksimal dan terarah serta berjalan dengan baik untuk membuat perusahaan yang berhasil.

Published
2023-10-30
How to Cite
ABIDIN, Zainal; NINGSIH, Jumiarti. Produktivitas Operasional PT. Telen Prima Sawit Plasma Kutim 2 menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX). J-MKLI (Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 125-135, oct. 2023. ISSN 2550-0856. Available at: <https://journal.apmai.org/v2/index.php/jmkli/article/view/223>. Date accessed: 03 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.26805/jmkli.v7i2.223.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.