Rancangan Model Pengembangan Kewirausahaan pada Mahasiswa Ditinjau dari Persepsi, Minat dan Kompetensi Kewirausahaan

  • Uke Prajogo STIE Malangkucecwara

Abstract

Pengelolaan sumber daya alam belum maksimal, ketersediaan lapangan pekerjaan juga belum bisa menampung angkatan kerja yang ada. Yang lebih memprihatinkan lagi adalah sedikitnya jumlah wirausahawan, padahal untuk menjadi sebuah bangsa maju dan mandiri suatu negara harus mempunyai sedikitnya 2% wirausahawan dari jumlah penduduk.  Indonesia sampai saat ini hanya memiliki 0,18% wirausaha, artinya masih sangat sedikit masyarakat Indonesia yang memiliki mental kreatif, inovatif dan tidak mengandalkan hidupnya dengan mencari pekerjaan. Perlu dibangun masyarakat yang memiliki mental pencipta lapangan pekerjaan, salah satunya bisa didorong dengan mengembangkan program pendidikan entrepreneurship  (kewirausahaan) yang dimulai pada usia dini.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari model pengembangan kewirausahaan pada mahasiswa yang didasarkan pada 1) persepsi mahasiswa terhadap kewirausahaan, 2) minat mahasiswa terhadap kewirausahaan, 3) kompetensi yang dibutuhkan mahasiswa dalam hal kewirausahaan. Mengambil lokasi penelitian di Malang, dengan informan dari tiga perguruan tinggi besar yang ada, diharapkan bisa mewakili karakter mahasiswa pada umumnya. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini menghasilkan model-model pengembangan kewirausahaan pada mahasiswa yang didasarkan pada persepsi, minat dan kompetensi yang dimiliki saat ini.

Published
2017-05-01
How to Cite
PRAJOGO, Uke. Rancangan Model Pengembangan Kewirausahaan pada Mahasiswa Ditinjau dari Persepsi, Minat dan Kompetensi Kewirausahaan. J-MKLI (Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 59-70, may 2017. ISSN 2550-0856. Available at: <https://journal.apmai.org/v2/index.php/jmkli/article/view/5>. Date accessed: 15 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.26805/jmkli.v1i1.5.
Section
Articles